RSS

Metamorfosis Menjadi Mahasiswa FK (Uncend)

Assalamualaikum Wr. Wb Pengunjung setia Blog gw walaupun gw gak seria ama Blog gw sendiri,, Hampi Satu Semester Nblog gw biarkan kosong, ya kasusnya sih gak beda jauh sama hati ane yang udah dari sejak kecil ampe tua tetep kosong a.k.a Jomblo. 

Seiring dengan berjalannya waktu , manusia mengalami metamorfosa, mereka selalu membuat perubahan dalam dirinya baik itu dari segi sifat, tingkah laku dan utamanya itu segi penampilan khususnya bagi yang single a.k.a Jomblo. Tapi apapun yang terjadi tadi, barusan, sekarang, kemarin atau masa lampau adalah pembelajaran sebagai bekal kita menatap masa depan menjadi hamba Tuhan yang lebih baik lagi.


Perubahan yang terjadi pada manusia itu saat berada ditahap perkuliahan. Dimana mereka akan berevolusi pada setiap semesternya dan lamanya berkuliah.

Ini adalah gosip maupun fakta yang sudah saya Alami menjadi mahasiswa disini (FK Uncend). 

Tingkat 1 
Nah ini saat–saat menjadi mahasiswa baru, dimana mereka (kita) masih beradaptasi  dengan orang–orang baru dan lingkungannya. Mencari temen sebanyak-banyaknya itulah yang dilakukan walaupun kedepannya akan terjadi “Seleksi Teman”. Soal penampilan sudah pasti rapi dan sederhana lagi. Kelakuan baik, dan berperilaku sopan, ya… bisa dibilang cari – cari mukalah kurang lebih mereka  ingin mencari/memiliki pencitraan bagus di lingkungan yang baru gitu.  Apa lagi terhadap lawan jenis atau paling tidak ke kakak seniornya baik itu cowok maupun cewek mereka masih SANGAT sopan dalam hal menyapa.  Seperti “Selamat Pagi kakak …!!” , “ permisi kakak” sambil tersenyum gitu memamerkan pagar di gigi kalo lewat di depan senior.
Kalau Soal kuliah mah, masih semangat – semangatnya. Tapi masih kebawa kehidupan waktu SMA. Contohnya semua buku dibawa, mulai dari buku impor yang harganya ratusan ribu, buku Pinjaman dari perpus, berhubung dosen kadang diktenya cepat  jadi masih bawa buku yang biasa, nanti dipindain kebinder agar tulisannya rapi. Dan tak lupa dengan laptop. Oh ia satu lagi TUGAS… nah soal tugas pastiya dikumpul selalu tepat waktu. Dan pelajaran mata kuliah tak satupun ketinggalan.
Oh ia Mata kuliah di tingkat ini walaupun belum terlalu Bertema murni kedokteran, tapi ada satu mata kuliah yang membuat satu kelas bisa berantem dengan Dosennya yaitu MatKul Filsafat. Penasaran?? Bagi yang angkatan baru entar ngalamin sendiri kok :D




Di tingkat ini terkadang masih banyak waktu kosong yang terbuang entah itu dari dosen yang tidak masuk ataupun karena kita yang membuat waktu itu menjadi kosong sendiri (malas).

Tingkat 2 (Semester 3-4)
          Welcome to the Hell Kw 1… ia bener di semester ini Hak kalian untuk Tidur sepuasnya, SMSan dengan gebetan, sering jalan bareng pacar dan juga Nongkrong dengan teman akan Dirampas Oleh Mata kuliah yang akan kalian hadapi. Ya disemester ini kalian akan berhadapan dengan Mata Kuliah :

1.     Anatomi
     Ini adalah pelajaran dimana kita harus bisa mengetahui Struktur tata letak tubuh dan organ pada Manusia, dan juga uji nyali hehe. Untuk sebagian Mahasiswa pertama kali berhadapan dengan Cadaver (mayat/Guru besar) adalah suatu tantangan tersendiri. Bagi cowok ini juga bisa dijadiin kesempatan, yahh you know what i meant lah. Pelajaran ini juga Unik karena akan Membuat Lidah anda terselip-selip, ya kalian akan terbiasa menggunakan Bahasa Planet (Latin).

2.    Histologi
     HISTOS = JARINGAN, LOGIA = ILMU. Jadi Histologi Adalah Ilmu kedokteran yang mempelajari Jaringan-jaringan pada tubuh manusia. Ilmu ini menarik bisa di bilang kalian menjadi seorang Ghost Hunter di pelajaran ini, Kenapa?? Selain sebagian ilmu ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena haru menggunalan alat bantu yaitu Mikroskop, karena saat ujian Praktikum kalian akan di instruksikan mencari entah itu jenis, pewarnaan ataupun nama dari Preparate yang di taruh di Mikroskop. Rata-rata satu soal akan di hadapi selama 30 DETIK. Jadi ya sepintar-pintar dan seteliti-telitinya lah kalian menamai hantu-hantu (preparate ) itu.

3.  Fisiologi
     Inti dari Pelajaran ini adalah kalian akan mempelajari Semua Sistem di dalam tubuh kita, mulai dari Sistem Perrnafasan hingga Sistem yang membuat spesies kita ada sampai saat ini yaitu Sistem Reproduksi.

4.    Biokimia
     Anda adalah orang yang membenci kimia saat SMA? Tenang di Fakultas kedokteran Uncend juga kalian akan mendapatkannya. Dari Namanya Ini adalah pelajaran Hasil Fusiont dari pelajaran Biologi dan KIMIA. Ya di Mata kuliah ini kita akan mempelajari semua aktifitas Kimia yang terjadi didalam tubuh kita. Kalau boleh nakut-nakutin saya bisa bilang ini 10X lebih serem daripada kimia waktu anda di SMA, Percayalah.

Terlepas dari mata kuliah yang akan kita hadapi di Tingkat 2 ini Soal kesopanan udah beda, ketemu ma senior cewek cuman senyum doang, kalo senior cowok ya palingan tidak menyapa Hhhaaa…. !! kalau  nyerempet senior paling  ungkapnya “ups sory kaks!!” untung – untung kalau bersuara kalau nyerempet terus balekin muka , matanya dimeremin dan lanjutin perjalanan. Mungkin sebaiknya junior gini yang mesti di musnahkan to paling tidak disterilkan (istilah lab ).
          Sebagian Mahasiswa yang baru naik ke semeter ini akan mengalami sindrom “Senioritas”, terkadang dia ingin di sapa setidaknya di senyumin sama adek tingkatnya yang baru. Dan juga ini adalah kesempatan Senior untuk “mencari” kenalan di angkatan baru terutama lawan jenisnya a.k.a Gebetan.



           Dan Kenapa di Tingkat ini tadi saya katakan adalah Tingkat Neraka? Karena di akhir semester 4 akan dilakukan evaluasi belajar (yudisium). Dimana Nilai kita semua akan ditampung apakah sudah memenuhi Syarat untuk Naik ke Tingkat selanjutnya. Disinlah banyak terjadi Kebahagiaan, sedih, Keharuan maupun menguji Solidaritas pertemanan kita.
Sekedar Info untuk bisa naik ke Tingkat 3 (semester 5) Nilai dari semester 1-4 Nilai D tidak boleh lebih dari 15SKS dan tidak Boleh memiliki Nilai E di Mata kuliah manapun. Jika Syarat itu tidak bisa kit Capai maka dengan berat hati kita  Harus ngulang di tingkat 2 dan itu adalah kesempatan terakhir. Jadi gunakanlah waktumu sebaik dan semaximal mungkin jangan biarkan ada penyesalan yang akan  terjadi pada akhir pada kalian (kita) semua J.



Tingkat 3 "SEMESTER 5"

          Hal yang saya alami Di awal tingkat 3 yahh berhubung karena saya juga baru naik, di Tingkat ini sepetinya jadwal Mata Kuliah tidak sepadet seperti di Tingkat 2. Namun mata kuliah di Tingkat ini adalah inti mengapa kita menjadi Seorang dokter. Yups di tingkat ini kita mempelajari semua Penyakit, dari Patofisiologinya, dari MikroOrganisme (bakteri) yang membuat kita mengalami Gastroentrethica, dari mengenal segala Obat untuk penanganan penyakit (Farmakologi) hingga nanti Actionnya kita ketika mengahdapi pasien.
Selain Keseruan dari Mata Kuliahnya, hal yang paling seru adalah Mahasiswa Tingkat 3 Adalah Penguasa Di kampus Bawah (abepura) hahaha, karena Mahasiswa Tingkat 4 sudah tidak lagi bermukim di tempat yang sama, so Mahasiswa Tingkat 3 adalah Mbahnya Mahasiswa FK Uncend di kampus Bawah.

     Memang menikmati masa-masa perkuliahan kita tidak akan terasa waktu terus berjalan, masa depan selalu menanti , lakukan yang terbaik . teruslah berjuang dan tak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri jangan sampai kita mendapat pertanyaan dari teman-teman ataupun keluarga kita “kapan selesei kuliahnya??”
bagi yang terlambat musnahkan kata itu kawan, baju toga dan gelar dokter berhak kita pakai, selama kita ikhlas dan serius  jalani dunia perkuliahan. Santai !! its ok..! tapi malas No.!! berjuang terus tuk menggapai cita – cita Kita bersama :D.

Doain aja saya gak bakal ngilang dari Blog dann ane gak  bakal jadi blogger yang Murtas :D.  walaupun sedang dikejar-kejar sama hantu (mata kuliah),hehehe



           Wassalamualaikum Wr. Wb.
Ketjubb Maniss :************************


                     JAJUmon

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

18 komentar:

  1. Wahyu anak FK? waaaah yang kuat ya nak :)))
    temenku yang anak FK pernah cerita, pertama kali kuliah anatoni dan bertemu langsung "mayat" dia mual mahahaha.. aku ga mau bayangin -______-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayat gak seserem yg dibayangkan kok..
      mereka itu imut *maksa* hehe

      Hapus
  2. eh tapi walopun udah lulus kan masih musti praktek sana-sini kalo pengen jadi dokter kan?
    tabah aja ya nak, *puk2 jidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus siap-siap belajar seumur hidup..
      itulah hal yg ditakut-takutin sama dosen ke kita..
      hiii----- haha

      Hapus
  3. Wuihh.. Ada yg harus ngulang?? Wahh.. Bisa lama lulus tuh (kayak gue).
    Kedokteran susah ya... Mata kuliahnya yaa ampuunn deh. Tapi tergantung kitanya sendiri sih, kalo emang niat pengen jd dokter pasti suka dengan mata kuliah2 itu, sama halnya dengan gue yg pengen jadi akuntan (dan koruptor) #ehh hahaha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada yg susah broo,,mau itu dokter,pilot,akuntan,arsitek
      semua bakal susah kalau kitanya gak niat ngejalaninnya hhoho

      Hapus
  4. mata kuliahnya menarik.. Jadi pengen pelajarin semua..
    mudah2an kamu sukses kalo ada praktek nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat menarik malah..
      tumben ada yg bilang mata kuliah kami menyenangkan biasnya sih nyereminnn haaha

      amin brooo...

      Hapus
  5. Wah saya bertemu dengan anak FK nih. Fakultas yang dulu ortu gencar habis-habisan untuk membuat saya mau masuk FK.. tapi saya tolak mentah2.. haha

    oh iya, adak anak BE di uncen lagi namanya Dian FKIP B.Ing semester 5.. bisa kopdar tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahh ortu jaman sekarang gak bisa buat mencampuri tujuan pendidikan kita hehe

      Ia lumayan kenalsih di Dumay tapi belum pernah Kopdar jga tuhh sama Dian...

      Hapus
  6. Jadi dokter susah ya bang? wah materinya kyaknya serem, gue aja materi SMA blum nguasahin penuh semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi apapun susah kalau kitanya gak niat...
      dulu jaman SMA gue jga gitu gak nguasain sampai semua mata pelajarannya juga -_-

      Hapus
  7. wah kedokteran, jurusan yang mahal... semoga cepat lulus dan memakau toga nya :)

    BalasHapus
  8. saya doaaakannn yaaa sesibuk apapun kamu tetap nongol di blog... yahh minimal sekali sebulan lah,... ohh jadi kamu anak FK uncen yuaa,,keren dah,, btw di Uncen ada teman kamu di serui gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari serui ada dong..
      hampir semua teman dari daerah di papua bisa ditemuin disini :D

      Hapus
  9. Kedokteran serem amat yak, gue kan jomblo nih. Boleh ga gue purapura jadi mayat tar dibuat praktek ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak serem-serem amet kok...
      -_-", ya jdi jomblo tpi jgn ampe segitu psarahnya broo haha

      Hapus